Pengalaman Tes TOEFL ITP di Kendari

Hari Sabtu tanggal 24 Februari 2018 aku mengikuti tes TOEFL di UPT Bahasa Universitas Haluoleo, Kendari. Tes kali ini adalah tes kedua, tes pertama dilakukan di Lembaga Bahasa Inggris Progress. Yang pertama itu semacam simulasi TOEFL dan hasilnya not bad lah kalau menurut penilaian saya. 

Tes kedua yang saya ikuti adalah tes TOEFL ITP yang sertifikatnya dikeluarkan langsung oleh ETS, lembaga resmi TOEFL. Sehingga waktu keluarnya sertifikat dari waktu tes cukup lama, sekitar 2 minggu. 

Kenapa sih ambil TOEFL ITP? 
Setiap kita melakukan sesuatu kan ada tujuan dan goals yang ingin dicapai. Nah tujuan saya mengikuti tes ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penguasaan saya terhadap bahasa inggris. Syukur-syukur kalau hasilnya bagus dan bisa buat daftar sekolah lagi. 

Berapa Biayanya? 
Biaya tes TOEFL ITP tahun 2018 di UPT Bahasa UHO yaitu 600 ribu, lumayan lah menguras dompet. Sementara biaya tes untuk TOEFL simulasi sebesar 300 ribu. 

Kapan Pelaksanaannya? 
Berbeda dengan TOEFL simulasi, pelaksaan TOEFL ITP ga setiap waktu sehingga harus menunggu kuota terpenuhi dulu. Kemarin pas saya tes, ada 24 peserta tes. Saya sering menanyakan kepada admin UHO (Ibu Mia) kapan ada tes yang pelaksanaannya paling dekat. Bu Mia bilang akhir Februari. Sebenarnya galau waktu itu mau daftar atau tidak karena waktunya bertepatan dengan updating susenas. Dan jangan bayangkan bahwa saya mengawas, kali ini menjadi petugas pendata di lapangan. Waktu yang tersedia untuk memutakhirkan data rumah tangga di 2 blok sensus yaitu 5 hari kerja. Sejak Senin sampai Jum'at pulang mendekati magrib. Pergi kepanasan dan pulang kehujanan, wkwk lebey. *Skip skip*. 

Jadi kita tes di dalam ruangan yang kursinya sudah diatur sedemian rupa layaknya ujian pada umumnya. Deg-degan? Pasti. Soalnya sangat berbeda dengan apa yang saya pelajari sebelum sebelumnya. Tes TOEFL terdiri dari 3 bagian, yaitu listening, structure and written expression dan reading. Dari keseluruhan yang diujikan, kamampuanku terhadap bahasa inggris masih payah. Baik itu di bagian listening, structure maupun reading. Pokoknya ga pede banget sama hasilnya nanti. Waktu listening, aku nggak mengerti apa yang dibicarakan dalam audio, structure entahlah, dan reading sebenernya megerti sedikit akan tetapi kecepatan membacaku masih sangat perlu ditingkatkan. 

Sesibuk apapun, tetap berusaha meningkatkan kemampuan dan kapasitas diri. Baik secara formal maupun informal. Semangat buat yang mau ikutan tes juga. 

Komentar

  1. Halo, say.. sy baru mau coba tes toefl ITP di upt.bahasa UHO.. sertifikatnya langsung dari ETS kah? 600rb itu sudah dengan sertifikat yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru sempat balas komennya, iya sertifikatnya langsung dari ETS, 600 ribu sudah termasuk sertifikat

      Hapus
  2. Kak biaya 600rb itu cuma tesnya sj atau ada bimbingannya jg kak?

    BalasHapus
  3. Saya baru daftar dan sepertinya tidak ada bimbingan. Karna saya hanya di suruh datang pas hari H saja

    BalasHapus
  4. kalau di kendari, adakah tempat untuk tes Toefl iBT? tolong diinfokan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf saya kurang tau kalau untuk toefl iBT

      Hapus
  5. terus mau tanya juga, kalau tes toefl IPT di UHO itu diadakan berapa tahun sekali, dan bulan apa saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahun mungkin beberapa kali tapi blm pasti bulannya karena menunggu kuota terpenuhi. Untuk lebih lengkapnya silahkan langsung datang ke UHO ya.

      Hapus
  6. Andai kata sy ndk lulus dari toefl itp,maka sertifikat ngk d terima ya kak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya ada batas minimal untuk diterbitkan sertifikat...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang Kukusan Teknik (Kutek) dan Kukusan Kelurahan (Kukel)

Beasiswa APBN BPS MEKK UI 2018