Tentang Kukusan Teknik (Kutek) dan Kukusan Kelurahan (Kukel)

Hai hai, sekarang ini untuk sementara waktu aku tinggal di Kota Depok, tepatnya di Kukusan Teknik. Di tahun 2018 lalu, aku berkesempatan untuk melanjutkan studi di sini. Untuk mahasiswa yang berkuliah di Fakultas Teknik dan FEB UI memang lebih cocok untuk memilih kos atau kontrakan di daerah kukusan teknik ini. Kenapa sih dinamakan Kukusan? Apa ada hubungannya dengan alat mengukus nasi? hihi, ga ada hubungannya kok. Kukusan itu adalah nama kelurahan disini, ya Kelurahan Kukusan dan di dekatnya pintu Fakultas Teknik, jadilah namanya Fakultas Teknik. Nah Fakultas Teknik itu tepat bersebelahan dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Untuk berangkat ke kampus, biasanya aku jalan kaki lewat Fakultas Teknik.

Buat kalian yang ingin mencari kos-kosan di daerah kukusan teknik, tersedia sangat beragam pilihannya. Sebagai tukang survei, secara refleks aku suka bertanya mengenai harga kos-kosan, dan sebagian besar harga kos-kosan di Kukusan Teknik di tahun 2019 sebesar 800 ribuan ke atas. Untuk kamar yang menggunakan Air Conditioner (AC), tentu lebih mahal. Masalah makanan juga banyak tersedia berbagai warung nasi yang harganya cukup ramah di kantong mahasiswa. 

Akses buat ke kampus cukup dengan berjalan kaki. Bisa juga kalau mau naik ojol, tapi ga disarankan karena itu ga sehat buat kondisi keuangan :p. Di lingkungan kampus, disediakan bus kuning untuk angkutan mahasiswa dari satu fakultas ke fakultas lainnya dan ini free. Salah satu yang akan terkenang dari bis kuning adalah ketika turun hampir semua mengucapkan "makasih paaak..". Di tahun 2019, bus Trans Jakarta (TJ) juga mulai meramaikan transportasi di UI, akan tetapi konon ini berbayar. Aku belum pernah coba naik TJ dari dalam kampus. Inget TJ mendadak jadi inget masa magang di Pasar Baru tahun 2012 silam, masa yang agak suram karena moratorium. 

Wilayah lain yang menyediakan kos-kosan adalah daerah Kukusan Kelurahan (Kukel). Daerah kukel lebih dekat ke halte bus Program Vokasi. Daerah ini relatif dekat dengan kantor Kelurahan Kukusan tepatnya di dekat pintu masuk kendaraan roda dua. Di daerah kukel juga sama lengkapnya dengan kutek, aku biasanya kesana kalau mau perbaiki laptop. 

Buat adik-adik yang berencana masuk UI, semoga dimudahkan ya :D

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Beasiswa APBN BPS MEKK UI 2018

Pengalaman Tes TOEFL ITP di Kendari